Sejarah Toyota Lexus
Info Sejarah

Sejarah Toyota Lexus : Proyek F1

Sejarah Toyota Lexus : Proyek F1

Sejarah Toyota Lexus
(Gambar:id.wikipedia.org)

MobilLexus.com – Mobil mewah dari Toyota Motor Corporation ini ternyata memilki sejarah yang panjang sebelum mobil mewah ini bisa berjaya seperti sekarang ini. Salah satunya adalah pertanyaan yang terlontar dari Eiji Toyoda yang membuat para petinggi dari Toyota meluncurkan sebuah proyek yang sangat rahasia, yang pada akhirnya proyek tersebut berhasil sampai sekarang ini.

Tahun 1980-an

Pada tahun sekitaran 1983, Eiji Toyoda, Presiden Direktur dari Toyotta Motor Corporation mengadakan sebuah rapat yang terssembunyo di antara jajaran para eksekutif Toyota. Ia melontarkan sebuah pertanyaan sekaligus tantangan, “Apakah kita bisa membuat sebuah mobil mewah yang terbaik dan terkenal di seluruh dunia?”

Sontak saja pertanyaan Eiji Toyoda ini membuat Toyota menyiapkan sebuah proyek yang sifatnya spuer-rahasia yang diberikan kode F1, yang berarti “Flagship” (Unggulan) + “No. 1 vehicle” (Mobil No. 1). Proyek super-rahasia ini mebgasilkan produk pertamanya, yakni Lexus LS 400. Dibentuknya proyek F1 bertujuan untuk menambah jajaran produk dari Toyota, sebuah batu pijakan untuk terjun dalam segmen premium dan mencoba pasar baru.

Baca Juga Berkenalan Dengan Mobil Toyota Lexus

Proyek ini di targetkan untuk mengikuti kesuksesan dari para pendahulunya di bidang mobil sport yakni, Toyota Supra dan sedan Toyota Cressida. Mencapai tahun 1980-an, sedan terhebat yang pernah dirakit oleh Toyota adalah Toyota Century, yang dibuat dengan menggunakan mesin V8 pada tahun 1960-an dengan jumlah terbatas. Dan juga Toyota Crown yang menggunakan mesin 6 segaris. Toyota Century sendiri hanya dipasarkan untuk negara Jepang saja, bukan untuk global. Sedan yang baru ini di rencanakan untuk dipasarkan secara global dan menggunakan mesin V8.

Faktor lain yang mendorong Toyota untuk mengeluarkan mobil mewah adalah peluncuran mobil mewah dari Honda pada tahun 198 bernama Acura. Dan setahun kemudian, Nissan, pabrik dari Jepang ini juga berencana meluncurkan mobil mewahnya yang diberi nama Infiniti, dan akhirnya terwujud dengan kehadiran Infiniti Q45 pada tahun 1990. Lalu diikuti Mazda yang ikut menyusuri jejak teman temannya dan lahirlah Amati, namun seiring dengan berjalannya waktu rencana tersebut akhirnya karam dan tidak dilanjutkan.

Itu tadi adalah Sejarah Toyota Lexus pada bagian proyek F1. Akan ada kelanjutan dari Sejarah Toyota Lexus, karena memang panjangnya sejarah yang dimiliki merek mobil mewah ini tidak bisa diutarakan didalam 1 post. Sampai jumpa di post berikutnya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *